Koordinasi Pengawas dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru MIN 1 Aceh Tenggara

Authors

  • Sabaruddin Ahmad Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tenggara

Keywords:

Coordination, Headmaster, Supervisor, Performance, Achievement

Abstract

This paper aims to analyze the implementation and obstacles in coordination between supervisors and madrasah principals in improving the work performance of MIN 1 Aceh Tenggara teachers. The focus of this research discussion is the form of coordination, implementation, and coordination barriers between supervisors and principals of the madrasah. This research uses a qualitative approach with a descriptive-analytic method. Data collection was carried out by interviewing the participants of the MIN 1 Aceh Tenggara Teachers, and observation and documentation techniques. Furthermore, the data were analyzed using data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. The validity of the data was tested by means of triangulation, both methods and sources. The results of this study indicate that (1) the form of coordination between supervisors and principals of madrasah is in the form of an annual program of activities on teacher performance; (2) The coordination includes observation and class visits, supervision meetings and teacher training; and (3) obstacles in coordination, namely competition for the quality of madrasah ibtidaiyah with basic education institutions at the same level (SD-IT, SD, and other similar institutions).

References

Abubakar, Achmad. (2018). “Koordinasi Guru PAI dan Pengawas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada SMP di Papua Barat” Educandum, 4(1).

Abusmar. (2010). "Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru pada SMP Negeri 1 Simeulue Timur Kabupaten Simeulue" Jurnal Serambi Ilmu, 11(2). https://doi.org/10.32672/si.v16i1.547.

Adi. (2016). “Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8194.

Agustina, Eti. (2017). “Supervisi Pengawasan dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Mata Pelajaran Rumpun PAI di MIN 1 Tanggamus Kabupaten Tanggamus” Tesis. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/208/.

Ahmad, Edy. (2019). “Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Melalui Supervisi Kunjungan Kelas di SMPN 18 Dumai” Jurnal PAJAR: Pendidikan dan Pengajaran, 3(4). http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7519.

Alfiansyah, M., et.al. (2020). "Kebijakan Internal Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta" Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(1). http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3460.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Mesiono. (2019). “Karakteristik Kepemimpinan Transformasional di Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Relevansinya dengan Visi Pendidikan Abad 21” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-09.

Bakar, Abu. (2011). “Supervisi Pendidikan Agama Islam (Pembinaan Guru Agama Madrasah/Sekolah)” Sosial Budaya, 8(1). http://dx.doi.org/10.24014/sb.v8i1.344.

Braun, V. & Clarke, V. (2012). Thematic analysis. In H. Cooper, P. M. Camic, D. L. Long, A. T. Panter, D. Rindskopf, & K. J. Sher (Eds), APA handbook of research methods in psychology, Vol. 2: Research designs: Quantitative, qualitative, neuropsychological, and biological (pp. 57-71). Washington, DC: American Psychological Association.

Brotosedjati, Soebagyo. (2011). “Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kinerja Pengawas TK-SD” Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6). http://dx.doi.org/10.17977/jip.v17i6.2881.

Creswell, John W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.

Dukalang, Lisnawaty. (2019). “Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Pengawas” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(2): 81-88. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.2.81-88.2019.

Fikriah. (2019). “Peran Strategis Pengawas dalam Penjaminan Mutu Madrasah” Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 3(1). http://103.52.61.43/index.php/semdiunaya/article/view/713.

Hadi, Sopiyan. (2019). "Analisis Kinerja Pengawas Madrasah Aliyah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan" Disertasi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/7399/.

Handayaningrat, Soewarno. (2010). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Cet. VI. Jakarta: PT Gunung Agung.

Handoko, T. Hani. (2003). Manajemen (Edisi Kedua, Cet. XVIII). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hasbullah, M. (2015). “Hubungan Persepsi Guru Terhadap Supervisi dan Koordinasi Tugas Kepala Madrasah dengan Efektivitas Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Langkat” Tesis. Medan: UIN Sumatera Utara Medan. http://repository.uinsu.ac.id/1676/.

Hasibuan, Malayu S.P. (2018). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. SP. (2018). Organisasi Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hinawan, Ari. (2017). “Sinergi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru PAI SMP di Kecamatan Panggang Gunungkidul” Tesis. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5044.

Ismahun. (2017). “Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah dan Pengawas Terhadap Kinerja Guru dalam Aspek Perencanaan Pembelajaran di MTs se-Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2016/2017” Tesis. Jepara: UNISNU Jepara. http://eprints.unisnu.ac.id/1474/.

Leavy, Patricia. (2017). Research Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.

Ma’sum, Toha. (2019). “Mencetak Guru Berkarakter Melalui Supervisi Pendidikan Berbasis Profetik” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(1): 50-71. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/43.

Makmurrizal, et.al. (2016). “Pelaksanaan Supervisi oleh Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru pada SMA Negeri 2 Bandar Baru Pidie Jaya” Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(3). http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/4801.

Maqdisiana, Aisya. (2014). “Profil Kinerja Pengawas Madrasah (Studi Kasus di Kementerian Agama Kota Bandar Lampung)” Skripsi. Lampung: UNILA. http://digilib.unila.ac.id/3422/.

Marantika & Dwi Nur Aini Dahlan. (2019). “Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah Terhadap Kedisiplinan Guru di MAN 2 Samarinda” Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.23971/mdr.v2i2.1523.

Martoyo, Susilo. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, cet. IV. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Maujud, Fathul. (2018). “Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan” Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1). https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490.

Mufidah, Nurul. (2017). “Peran Manajer Kepala MIN Jejeran Bantul dalam Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21.03.

Munawarah, et.al. (2017). “Koordinasi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan pada SD Negeri Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar” Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(2). http://e-repository.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/8360.

Mustafa, Subhan. (2013). “Upaya Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di MTs Alkhairaat Bambaloka Kabupaten Mamuju Utara” Tesis. Makassar: UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2861/.

Ndapaloka, Veronika, et.al. (2016). “Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Melalui Motivasi Berprestasi Sebagai Mediasi Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Kabupaten Ende” Educational Management, 5(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/12956.

Ndraha, Taliziduhu. (2011). Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmayanti, et.al. (2014). “Kemampuan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran di SD Negeri 24 Banda Aceh” Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2). http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i2.509.

Repina, Riana. (2012). “Koordinasi Pengawas dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru MTsN Rukoh Kota Banda Aceh” 13(1). https://doi.org/10.32672/si.v13i1.1040.

Rivai, Veithzal. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Rosidah, et.al. (2014). “Profil Kinerja Pengawas Madrasah Kementerian Agama Lampung Selatan” Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 2(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/5482.

Sahar, Ahmad. (2015). “Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI di SD Kecamatan Prambanan Sleman” Tesis. Surakarta: IAIN Surakarta. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/10/.

Sudino, et.al. (2018). “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Akreditasi Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau” Tesis. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/752/.

Sudirman, et.al. (2017). “Manajemen Pengawas pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Simeulue” Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(3). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/9023.

Sumarto. (2016). “Tugas Profesional Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Riayah, 1(2). https://doi.org/10.32332/riayah.v1i02.109.

Syafaruddin, et.al. (2020). "Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Bunayya Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah" AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1). http://repository.uinsu.ac.id/8966/.

Syawal, Julkarnain & Badrun Kartowagiran. (2013). “Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah dalam Melakukan Supervisi Penyelenggaraan Pendidikan SD di Kota Tidore Kepulauan” Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1(2). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep/article/view/67.

Tanaka, Ahmad. (2018). “Keharusan Memajukan Madrasah” Jurnal Pendidikan Teknologi Madrasah, 1(2). http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/jtpm/article/view/122.

Ulum, M Bustanul. (2018). “Urgensi Supervisi Pendidikan di Sekolah” Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 9(2): 127-134. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i2.127.

Zulfahmi, Junias. (2014). "Penyusunan Program Supervisi Pendidikan pada Madrasah Kabupaten Nagan Raya" Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(1). https://www.journal.scadindependent.org/index.php/jipeuradeun/article/view/16.

Published

2021-01-25

How to Cite

Ahmad, S. (2021). Koordinasi Pengawas dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru MIN 1 Aceh Tenggara. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 168-179. Retrieved from https://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/16